Minggu, 29 Juli 2012

Bungkus Sop Janda... apa Bungkus Janda../.???

Sop Janda Pedas

 


Sop Janda

Sop Janda, begitulah namanya. Makanan yang ada di belakang kawasan Industri MM 2100 Cibitung ini memang memiliki nama yang unik. Entah sejak kapan nama unik tersebut nyantol pada makanan sejenis sop sapi ini. Tidak ada satu orang pun yang dapat memastikan asal mula nama Sop Janda ini, termasuk juga para karyawan dikawasan industri Cibitung yang telah menjadi pelanggannya.
Seorang Janda
Cerita yang mungkin benar dari Sop Janda ini adalah cerita seorang teman yang juga katanya diberi tahu sama temannya yang lain. Artinya cerita ini berantai dari mulut ke mulut. Kata teman saya asal mula adanya Sop Janda adalah seorang janda memiliki keterampilan untuk membuat sop yang enak, dengan berbekal modal dan keterampilan tersebut maka sang janda pun membuka rumah makan dengan menu utama sayur Sop Daging Sapi. Nah, dikarenakan rumah makan tersebut tidak ada namanya dan dimiliki oleh seorang janda, maka untuk kemudahan orang-orang menamakannya Sop Janda. Nama yang unik dan menarik bukan?!!
Status Belum Diketahui
Nama “Janda” yang menempel pada masakannya ini sampai sekarang belum diketahui statusnya. Apakah Janda Muda, Janda Kembang ataukah Janda Tua, sampai detik ini belum ada yang tahu. Dan belum diketahui apakah statusnya masih janda ataukah sudah menikah dengan suami baru. Saya pun belum sempat mempertanyakannya, hanyalah orang-orang yang perlu sama janda saja yang harus mengetahuinya.:) Dan mungkin juga gak perlu dibahas apakah Janda muda, Janda Tua atau jangan-jangan sudah maninggal/!?
Unik Namanya Unik Pula Rasanya
Selain unik namanya unik juga rasanya. Berbeda dengan sop daging sapi atau sop iga sapi lainnya, sop janda ini disajikan dalam porsi besar. iga daging sapinya gede-gede dan lebih banyak dagingnya darpada tulangnya. Tidak seperti sop lain yang terkadang lebih banyak tulangnya daripada dagingnya. Dan yang khas dari Sop Janda ini adalah citarasanya yang gurih dan sangat-sangat pedas! Kenapa saya katakan sangat-sangat pedas? Karena memang kuahnya disajikan dengan sambal cabe rawit hijau yang sangat pedas…hot…bahkan extra hot…sangat cocok bagi anda yang menyukai citarasa pedas. Dan bagi anda yang
sedang terserang flu/pilek maka sop janda ini akan menjadi obat!:)
apa lagi tadi sore ane beli bareng sohib ane Abdul Majid.. di bungkus buat makan dirumah
 ( Alhamdulillah Puasa ) .... PAs  Buka langsung disamber tuh sop jadi melek....hemmmmmm...
Laperrrrrrrrrrrr.

By. Iwan Handoko & Abdul Majid 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar